Apa Sebenarnya Polip Itu?

Apa Sebenarnya Polip Itu?

Apa Sebenarnya Polip Itu? - Kita mungkin sering mendengar sebuah penyakit yang bernama polip, apa sih sebenarnya polip itu? dan penyakit seperti apakah itu? Polip merupakan mukosa membran yang mengalami hipertrofi atau radang sehingga ukuran selnya membesar, polip tumbuh berupa jaringan yang menonjol dari lapisan mukosa sebuah organ ke dalam organ tubuh.

Berdasarkan bentuknya, polip dapat dibedakan menjadi polip bertangkai, yang mana polip ini menempel pada dinding organ dengan tangkai yang pendek dan pendek atau tebal dan tipis, dan kedua polip sessile yang tumbuh langsung di dinding organ. Polip yang baru tumbuh biasanya berupa polip sessile yang kemudian akan berkembang menjadi polip bertangkai bila polip itu sudah matang.

Polip dapat tumbuh di beberapa bagian dalam tubuh seperti hidung, rahim, dan usus besar. Berikut sedikit penjelasan dari beberapa polip tersebut :
  1. Polip Hidung
    Polip hidung biasanya tumbuh pada bagian tengah rongga hidung, pertumbuhan jaringan polip tersebut juga terjadi pada saluran pernafasan hidung atau sinus yang membuat seseorang penderita polip menjadi kesulitan untuk bernafas.
  2. Polip Rahim
    Polip rahim dapat tumbuh di dinding bagian dalam rahim maupun bagian luar dinding rahim. Polip rahim ini terjadi karena pertumbuhan sel-sel pada lapisan rahim (endometrium) yang berlebihan sehingga membentuk seperti tonjolan berupa daging yang tumbuh baik di dalam maupun di luar dinding rahim.
  3. Polip Usus Besar
    Polip usus besar adalah pertumbuhan polip yang terjadi pada lapisan bagian dalam usus besar. Polip ini biasanya tidak bergejala, namun terkadang terjadi pendarahan serta jarang disertai nyeri, dan mengalami sembelit. Polip usus besar menjadi perhatian, karena dapat berpotensi pada kanker usus besar yang tadinya jinak menjadi ganas.
Itulah sedikit ulasan mengenai penyakit polip. Penyakit apapun bisa terjadi pada siapa saja termasuk penyakit polip ini. Untuk itukita harus senantiasa selalu menjaga kesehatan tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang.

Apa Sebenarnya Polip Itu?
Previous
Next Post »

Berkomentar lah dengan sopan dan sesuai dengan artikel yang anda baca. Komentar yang mengandung link aktif akan kami anggap spam. ConversionConversion EmoticonEmoticon