Hati-Hati Saat Haid Anda Terasa Kembali

Hati-Hati Saat Haid Anda Terasa Kembali

Kenali Gejala Infeksi Saluran Kemih
Nyeri haid saat sedang mengalami menstruasi merupakan rasa sakit yang wajar jika dialami wanita setiap bulan. Hal ini terjadi akibat adanya kontraksi otot-otot rahim yang diperlukan untuk meluruhkan lapisan rahim. Kondisi kram di bagian perut ini sebenarnya normal tapi ada kalanya rasa sakit tersebut merupakan gejala adanya gangguan penyakit. Sering kali gangguan ini terabaikan karena diangggap sebagai rasa sakit biasa. Kenali sejak awal apakah nyeri haid yang anda rasakan normal atau indikasi adanya penyakit.
Gagguan nyeri haid yang dialami oleh wanita setiap bulan dibagi menjadi dua jenis, yakni Dismenore primer dan Dismenore sekunder. Dismenore Primer merupakan kondisi nyeri haid yang wajar dan tidak menandakan gangguan, namun Dismenore merupakan nyeri haid yang berbahaya dan berpotensi penyakit. Bagaimana ciri-ciri keduanya?
1. Dismenore Primer Nyeri haid dengan tipe ini dirasakan namun tanpa kelainan alat-alat genital yang nyata. Dinamakan dismenore primer karena rasa nyen timbul tanpa ada sebab yang dapat dikenali. Beberapa ciri yang dirasakan adalah kejang yang berjangkit-jangkit pada perut bagian bawah dan kemudian menjalar ke pinggang dan paha. Rasa nyeri ini disertai dengan gejala mual, muntah serta sakit kepala dan diare. Dismenore primer ini dianggap normal dan tidak menandakan kelainan, karena disebabkan oleh faktor rahim atau ketidakseimbangan steroid seks ovarium. Biasanya dismenore primer timbul pada masa remaja, yaitu sekitar 2-3 tahun setelah menstruasi pertama dialami wanita. Nyeri timbul mendahului haid dan meningkat pada hari pertama atau kedua haid dan mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam dan setelah 2 hari akan menghilang. Penanganan dismenore primer antara lain dengan obat-obatan, rileksasi, hipnoterapi, alternatif. Nyeri ini biasanya akan hilang jika sudah melahirkan anak pertama
  1. kontraksi uterus yang kuat
  2. Kecemasan dan stres
  3. Darah dan jaringan dibuang melalui leher rahim yang sempit
  4. Pengungsi rahim
  5. Kurangnya latihan/ aktifitas fisik

Solusi Lain Untuk Mengobati Nyeri Haid Meliputi :

  1. Terapkan bantal pemanas ke perut bagian bawah
  2. Mandi dengan air hangat
  3. Minum minuman hangat
  4. Lakukan pijatan melingkar ringan dengan ujung jari Anda di sekitar perut bagian bawah
  5. Berjalan atau berolahraga secara teratur, termasuk latihan goyang panggul
  6. Tambahkan lebih banyak karbohidrat kompleks untuk diet Anda, seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, tetapi menurunkan asupan garam, gula alkohol, dan kafein.
  7. Makan makanan ringan tapi sering
  8. Tinggikan kaki Anda ketika berbaring atau berbaring di sisi Anda dengan lutut ditekuk
Apabila mengalami sakit terus-terusan Pastikan langsung konsultasi ke dokter jangan meremehkan penyakit anda.
Previous
Next Post »

Berkomentar lah dengan sopan dan sesuai dengan artikel yang anda baca. Komentar yang mengandung link aktif akan kami anggap spam. ConversionConversion EmoticonEmoticon