Kadar Gula Darah Tinggi Belum Tentu Diabetes

Kadar Gula Darah Tinggi Belum Tentu Diabetes

Kadar Gula Darah Tinggi Belum Tentu Diabetes,- Masalah penyakit diabetes memang tidak bisa diatasi dengan mudah, terlebih jika kadar gula darah pada penderita diabetes sudah tinggi.

Kadar Gula Darah Tinggi Belum Tentu Diabetes

Diabetes dibagi menjadi 2 tipe, yang pertama adalah tipe 1. Diabetes tipe 1 adalah penderita diabetes yang memiliki kerusakan organ pankreas, sehingga organ pankreas tidak dapat menghasilkan zat insulin yang akhirnya kadar gula di dalam darah pun menjadi naik tidak terkendali, maka penderita diabetes tipe 1 memerlukan suntik insulin seumur hidupnya.

Berbeda dengan penderita diabetes tipe 2, diabetes tipe 2 ini hanya kadar gula darahnya saja yang naik dan melebihi kadar zat insulin. Jumlah kadar gula darah lebih banyak dibandingkan dengan zat insulin, maka ketidak se imbangan ini akan membuat sistem metabolisme glukosa menjadi rusak, dengan kata lain terkena diabetes.

Jika dilihat dari kedua tipe diabetes, sudah dipastikan kalau kadar gula darah tinggi adalah penyakit diabetes. Tapi ternyata, kadar gula darah tinggi belum tentu diabetes jika kadar gula darah yang tinggi tersebut seimbang dengan zat insulin yang ada di dalam tubuh.

Normalnya kadar gula darah seseorang itu tidak tertentu, jadi intinya tidak ada jumlah angka yang baku, oleh sebab itu kadar gula darah tinggi belum tentu diabetes. Berdasarkan perhitungan lembaga kesehatan WHO, jumlah kadar gula darah normal selalu berubah-ubah, dan diantaranya adalah :

  • Saat setelah puasa dan tidak makan selama 8 jam, maka kadar gula darahnya kurang dari 100 mg/dL.
  • Kemudian saat menjelang tidur kadar gula darahnya ada sebanyak 100 – 140 mg/dL.
  • Pada saat belum makan ada sekitar 70 – 130 mg/dL.
  • Setelah makan selama 2 jam ada sebanyak 180 mg/dL.

Di atas merupakan jumlah kadar gula darah normal yang selalu berubah-ubah, di atas hanya ada 4 aktivitas, masih banyak lagi aktivitas yang menyebabkan kadar gula darah anda berubah, bahkan ada aktivitas yang bisa memicu naiknya kadar gula darah anda, tapi itu belum tentu diabetes.

Dalam pengertian diabetes yang menyatakan kalau diabetes adalah penyakit gula darah tinggi, itu adalah salah. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kalau kadar gula darah tinggi belum tentu diabetes. Diabetes sendiri adalah kadar gula darah yang tinggi dan tidak bisa berubah menjadi energi dan tidak bisa terkendali oleh zat insulin karena jumlah zat insulin lebih sedikit dibandingkan kadar gula darah.

Mungkin seperti itu singkatnya, tapi intinya penyakit diabetes adalah penyakit yang membuat sistem metabolisme glukosa rusak karena kadar gula darah terlalu tinggi yang bisa mengakibatkan komplikasi.  Meski pun demikian, pengecekan tetap harus dilakukan, dan anda juga harus menjaga kadar gula darah anda tetap normal.


Previous
Next Post »

Berkomentar lah dengan sopan dan sesuai dengan artikel yang anda baca. Komentar yang mengandung link aktif akan kami anggap spam. ConversionConversion EmoticonEmoticon