Perbedaan Diabetes Melitus dan Diabetes Insipidus

Perbedaan Diabetes Melitus dan Diabetes Insipidus

Perbedaan Diabetes Melitus dan Diabetes Insipidus,- Apa anda tau apa bedanya diabetes melitus dan diabetes insipidus? Pada dasarnya penyakit diabetes sangat berbahaya dan bisa mengancam nyawa.

Perbedaan Diabetes Melitus dan Diabetes Insipidus

Yang sering kita tau dan dengar hanya diabetes melitus saja, tapi kenyataannya masih ada jenis diabetes yang lain, untuk mengetahui tentang perbedaan diabetes melitus dan diabetes insipidus sangat penting, karena dengan anda mengetahui beda diabetes melitus dan insipidus, akan memudahkan anda dalam mengatasi dan menanganinya jika suatu saat anda terkena diabetes.

DIABETES MELITUS

Diabetes melitus merupakan penyakit kerusakan sistem metabolisme glukosa, sistem metabolisme glukosa merupakan proses mengubah kadar gula darah menjadi energi, tapi penyakit diabetes ini membuat kadar gula darah tidak bisa dirubah menjadi energi karena kekurangan zat insulin. Zat insulin merupakan zat alami manusia yang dihasilkan organ pankreas, berperan penting dalam sistem metabolisme glukosa karena merupakan pengendali kadar gula darah dan mengubahnya menjadi sumber energi.

Karena jumlah zat insulin yang sedikit, maka kadar gula darah di dalam tubuh pun menjadi tidak terkendali dan bisa merusak beberapa organ vital di dalam tubuh, jika hal itu terjadi, maka ini dinamakan dengan komplikasi diabetes. Komplikasi diabetes merupakan kerusakan beberapa organ vital dalam tubuh karena naiknya kadar gula gula di dalam darah.

Penyebab dari diabetes melitus ini adalah faktor keturunan, selain itu, penyebab lainnya adalah pola hidup yang tidak sehat yang dapat memicu naiknya kadar gula di dalam darah.

DIABETES INSIPIDUS

Diabetes insipidus memang terdengar asing, tapi tidak akan asing jika penyakit ini disebut dengan nama penyakit beser atau sering kencing. Diabetes insipidus ini memang dikenal dengan nama penyakit beser, hal ini disebabkan oleh hormon antidiuretic hormone (ADH) yang berkurang. Hormon ADH ini adalah hormon yang akan merangsang ginjal untuk menyerap air lebih banyak dari cairan tubuh untuk dibuang melalui urine.

Penderita diabetes insipidus adalah penderita yang kekurangan ADH, oleh sebab itu penderitanya jadi sering buang air kecil. Bahaya dari penyakit diabetes insipidus ini adalah kekurangan cairan tubuh atau biasa disebut dengan dehidrasi.

Untuk mengatasi penyakit diabetes insipidus ini adalah dengan melakukan pola hidup yang baik dan harus banyak minum. Banyak minum pada penderita diabetes insipidus bertujuan untuk mengisi cairan tubuh, jadi intinya banyak minum dapat mencegah tubuh terkena dehidrasi.

Itulah penjelasan singkat tentang perbedaan diabetes melitus dan diabetes insipidus. Semoga bermanfaat.


Previous
Next Post »

Berkomentar lah dengan sopan dan sesuai dengan artikel yang anda baca. Komentar yang mengandung link aktif akan kami anggap spam. ConversionConversion EmoticonEmoticon